LAPORAN PRATIKUM
PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Dosen
: SRI NOFRI WIHANDARI,S.pd
Di
Susun Oleh :
ASRINI
15214005
AKADEMI
KOMUNITAS NEGERI PADANG PARIAMAN
UNIVERSITAS NEGERI
PADANG
TEKNIK
ELEKTRONIKA
2015/2016
A. Teori Singkat
B. Langkah Kerja
Konsep Pemograman Berbasis Objek
Contoh:
1.
Buatlah
project baru dengan nama Lingkaran.
2.
Sesuaikan
source code di file Lingkaran.java dengan gambar berikut:
3.
Buat file java class baru dengan nama “Tabung”
di package Lingkaran. File
Tabung mengextends class Lingkaran.
4.
Sesuaikan
source code di file Tabung.java dengan gambar berikut:
5. Jalankan
file Tabung.java, maka akan muncul keluaran seperti gambar berikut ini:
Komponen-komponen Visual
1.
Buat lah sebuah projek dengan nama “AplikasiPenilaianR”.
2.
Untuk menampilkan nama pada JFrame ketikan koding sbb
pada class “ApplikasiPenilaianR” :
3.
Coba jalankan maka akan tampil seperti pada gambar
dibawah ini :
4.
Untuk menampilkan JLabel. Tambahkan koding berikut
masih di class “ApplikasiPenilaian” .
masukan koding yang dilikar pada gambar dibawah ini :
6.
Untuk menampilkan JTextField. Tambahkan koding berikut
masih di class “ApplikasiPenilaian” .
masukan koding yang dilikar pada gambar dibawah ini :
7.
Jalankan makan keluar hasil sbb :
8. Untuk
menampilkan JButton. Tambahkan koding berikut masih di class “ApplikasiPenilaian” . masukan koding
yang dilikar pada gambar dibawah ini :
9. Jalankan
makan keluar hasil sbb :
10. Untuk
menampilkan JRadioButton. Tambahkan koding berikut masih di class “ApplikasiPenilaian” . masukan koding
yang dilikar pada gambar dibawah ini :
11.
Jalankan program, maka akan tampil
tampilan seperti gambar berikut:
12. Untuk menampilkan JRadioButton. Tambahkan koding
berikut masih di class “ApplikasiPenilaian”
. masukan koding yang dilikar pada gambar dibawah ini :
13.
Jalankan program, maka akan tampil tampilan seperti
gambar berikut:
C. Evaluasi dan Penugasan
- Buat class baru dan hasilnya harus seperti ini :
1. Aplikasinya :
2. Hasilnya :
Sekian Terimakasih.....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar