Laporan PBD 3

LAPORAN PRATIKUM
PERANCANG BASIS DATA




DISUSUN OLEH :
ASRINI
15214005

AKADEMI KOMUNITAS NEGERI PADANG PARIAMAN
PROGRAM STUDI DILUAR DOMISILI
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
TEKNIK ELEKTRONIKA D2
2015/2016


FROM
A. Teori Singkat
      From adalah window untuk menampilkan record dalam bentuk lain dengan tampilan yang lebih menarik. Form hanya menampilkan record pada satu tampilan, namun tampilannya bisa dibuat lebih menarik degan tata letak yang bagus.

B. Langkah Kerja :
1.      Aktifkan database Anda
2.      Pilih tabel Mahasiswa
3.      Pilih tab Create àMore Form àForm Wizard
 

       4.    Maka akan tampil seperti ini :
    

        5.   Klik tombol >> agar seluruh field pindah ke bagian Selected Field.

 

6.   Klik Next.
7.      Klik salah satu jenis form yang diinginkan, misalnya Columnar.
 

8.  Klik Next 
9.  Muncul Form Wizard Style, cobalah klik beberapa pilihan style yang ada pada kotak sebelah kanan, dan perhatikan hasilnya pada bidang sebelah kiri. Lalu tentukan pilihan Anda untuk form yang akan dibuat. 
 

10.      Klik Next 
11.      Pada jendela Form Wizard yang terakhir, isikan nama form, untuk proses menyimpan (save). 
12.      Klik finish untuk mengakhiri.  


13.      Hasilnya akan tampil seperti ini:

C. Mengedit Form 
   1.      Aktifkan database Akademik 
   2.      Pilih object forms
   3.   Double klik pada form yang diinginkan, misalnta TbMahasiswa2, klik View à Design View 
   4.   Maka akan tampil :    
 


5.      Tulisan “TbMahasiswa2”, adalah sebuah Property Label pada design form yang memungkinkan kita untuk menuliskan tulisan pada form.
6.      Klik pada tulisan TbMahasiswa2, ganti nama sesuai keinginan







7.      Untuk melihat hasil pembuatan form, klik View >> Form View.
8.   Maka akan tampil:



 
  9.      Kembali ke Design View, pilih Button, kemudian drag pada Form Footer.
10.      Akan muncul jendela command button wizard. Pilih Record Operation pada kotak Categories, dan Add New Record pada kotak Actions.





11.      Klik Next.
            12.   Lakukan seperti yang terlihat pada gambar berikut, kemudian klik Next
 
 
13.      Simpan button pertama (&Tambah) dengan nama cmdTambah, kemudian klik finish.


14.      Maka tomboh &Tambah akan muncul pada Form Footer. 


  
15.      Ulangi langkah 9-14 hingga tampil seperti berikut:



16.      Klik View >> Design View, sehingga tampil:



17.      Simpan Form TbMahasiswa2 dengan cara klik Save.

    D. LATIHAN

  • Lengkapi database Akademik Anda dengan Form seperti di atas
  • Isikan 5 record tambahan untuk setiap Form.
1. Tabel mahasiswa
     
   
2. Tabel Dosen
    
   




3. Tabel Jadwal


4. Tabel Matakuliah




5. Tabel Nilai




SEKIAN TERIMAKASIH

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar