LAPORAN PRATIKUM
PERANCANGAN
BASIS DATA
PERTEMUAN KE 4
Dosen
: SRI NOFRI WIHANDARI,S.pd
Di
Susun Oleh :
ASRINI
15214005
AKADEMI
KOMUNITAS NEGERI PADANG PARIAMAN
UNIVERSITAS NEGERI
PADANG
TEKNIK
ELEKTRONIKA
2015/2016
A. Teori
Singkat
Secara bahasa Query berarti
permintaan, dalam konteknya pada Ms. Access query adalah permintaan atas data
yang ada pada database sesuai dengan informasi yang diinginkan. Ada tiga
manfaat utama query:
1. Dapat
menampilkan data-data tertentu pada suatutabel. Misalnya pada tabel mahasiswa,
(contohtabel-tabel yang dipakai pada jobsheet ini adalah tabel-tabel database
Akademik yang dibuat pada praktikum sebelumnya),
2. Dapatmenampilkandata
dariduatabelataulebihdengansyaratantartabeltersebutadarelasi. Misalnya,
padatabeljadwalandadapatmelihatsiapanamadosendannamamatakuliahpadasuatujadwalkuliah.
Dimananamadosenterdapatpadatabeldosendannamamatakuliaterdapat di
tabelmatakuliah. Hal inidimungkinkan, karenatabeljadwal,
dosendanmatakuliahsalingberhubungan (relasi).
3. Dapatmelakukan
proses perhitungan/fungsi-fungsimatematis.
B. LangkahKerja
Kasus
1
Misalnya
kita kanmembuat query untuk menampilkan data mahasiswa meliputi NIM, Nama
Mahasiswa, dan alamat mahasiswa saja. Maka pada jendela Simple Query Wizard,
pindahkan nama field yang ingin ditampilkan pada bagian Selected Field, yaitu
NIM, Nama Mahasiswa, dan Alamat.
Klik
next, maka akan tampil data mahasiswadengan 3 fields, yaitu NIM, Nama, danAlamat.
Kasus
2
Misalnya
kita akan menampilkan data jadwal kuliah (tabeljadwal), yang dilengkapi dengan nama
dosen (tabeldosen) dan nama mata kuliah (tabelma777takuliah). Untuk melakukan hal
ini kita akan menggunakan tiga buah tabel
yaitu tabel jadwal, dosen, dan mata kuliah.
Untuk
menyelesaikan kasus di atas, ikuti langkah berikut ini:
a. Klik
tab create
b. Pilih
Query Design
c. Makaakantampiljendela
Show Table. Padajendelatersebut, andaharusmenentukantabelapasaja yang
digunakandalam query yang dibuat. PilihtabelDosen, laluklikAdd. Lakukanlahhal
yang samauntuktabeljadwaldanMatakuliah.
d. Setelah
menambahkan tabel Dosen, Jadwal dan Matakuliah, klik tombol Close, maka akan muncul
tampilan jendela Select Query seperti dibawah ini:
Gambar di atas terdiri dari 2 bagian. Bagian paling
atasa dalah tabel-tabel yang digunakan untuk membuat query tabel tersebut telah
mempunyai relasi. Bagian paling bawah adalah tempat kita mengatur query yang
diinginkan.
Field, digunakan
untuk memasukkan field apa saja yang akan ditampilkan.
Table, untuk menentukan
nama tabel dari field-field yang digunakan
Sort, digunakan
untuk jenis pengurutan data, urut naik atau urut turun
Criteria danOr, digunakan untuk memasukkan kriteria
yang digunakan.
Untuk memasukkan data kedalam tab field dan table,
dapat dilakukan dengan cara:
a. Klikgandapada
field yang terdapatpadatabel di bagianatas
b. Klikdangeser,
kliknama field yang ingindimasukkan, lalugeserkekolom yang diinginkan
c. Memilih
langsung dari tab field dan tabel.
d. Atur
tampilan yang diinginkan seperti gambar berikut:
e. Simpan
query yang dibuatdenganmeng-klik icon save, dengannamaJadwal Kuliah
(urutnamadosen).
f. Makapadabagiansebelahkiriaplikasi
Ms. Access iniakantampil tab Queries yang salah satunya memuat query yang baru
sajadibuat.
g. Double
klikpadanama query “JadwalKuliah (urutnamadosen)”, makaakantampil:
Kasus 3
Dari query yang telah kita buat yaitu Jadwal Kuliah
(urutnamadosen), lakukan modifikasit erhadap query tersebut dengan memberikan kriteria
sehingga data yang akan ditampilkan adalah data dosen yang mengajar pada hari Senin.
Langkah-langkah:
a. Selanjutnya
kita buka kembali database Akademik,
b. pilih
query “JadwalKuliah (urutnamadosen)”
c. Klik
design view
d. Maka
akan muncul gambar berikut:
Pada
field “Hari” ketikkan “Senin”.
e. Selanjutnyaklik
icon save untuk menyimpan perubahan terhadap query tersebut.
f. Lihatlahperubaan
data yang ditampilkanpada query Jadwal Kuliah (urutnamadosen).
Menyertakan Parameter Expression
Builder pada Query
Cara kerjanya:
a. Tampilkan
query dalam mode Design View,
b. Kemudian
pada cell Criteria, klikkanan mouse, lalu kik pilihan Build.
c. Masukkan
ekspresi pada Expression Builder, yaitu dengan memilih tabel, double
klikQueriTabelMahasiswa,
d. Tentukan
field yang akan dijadikan kriteria, misalnya NIM.
e. Klik
OK
f. Kemudian klik
menu Query, lalu pilih Parameter.
g. Padajendela
Query Parameters, dalamkolom parameter isikannama field yang dipilih menjadi kriterian
di atas, misalnya [NIM].
h. Jalankan
query dengan mengklik Run pada tab Query, maka akan tampil seperti berikut ini:
i.
Ketikkan NIM yang diinginkan,
( ok ) maka akan tampil :
C. EvaluasidanPenugasan
1. Tampilkan
data jadwal kuliah untuknamadosenSri Nofri Wihandari, field yang ditampilkan:
NamaDosen, NamaMatakuliah, Hari, Jam, Lokal
Langkah-langkah kerja:
a. Buka/aktifkan terlebih dulu tabel jadwal kuliah
b. Lalu pilih create
c. Buka
quary wizard, ikuti langkah-langkah nya lalu klik next, dan finish
d. Maka
hasil tampilanya seperti berikut:
2. Tampilkan
jadwal kuliah diurut berdasarkan hari, jam dan lokal
Langkah kerja:
a. Buka/aktifkan tabel jadwal query
b. Lalu pilih create
c. Buka
quary wizard, ikuti langkah-langkah nya lalu klik next, dan finish
d. Maka
hasil tampilanya seperti berikut:
3. Tampilkan
data nilai mahasiswa yang diurutkan menurut nilait terbaik
Langkah kerja:
a. Buka/aktifkan tabel Nilai query
b. Lalu pilih create, ambil Query wizard
c. Pilih
nama dan nilai saja untuk mencari nilai terbaik ( urutan nilai)
d. Maka
hasil tampilanya seperti berikut:
e. Dengan
menggunakan Parameter Expression Builder, tampilkan data matakuliah yang ada pada
semester 1.
Langkah kerja:
a. Buka/aktifkan tabel matakuliah
b. Lalu pilih create
c. Buka
quary wizard, ikuti langkah-langkah nya lalu klik next, lalu finish
d. Ketikan
semester “ 1
e. Maka
hasil tampilanya seperti berikut:
f. Dengan
menggunakan Parameter Expression Builder, tampilkan data dosen dengan spesialisasi
Perancangan Basis Data!
Langkah kerja:
a. Buka/aktifkan tabel Dosen
query
b. Lalu pilih create, ambil Query wizard
c. Pilih kode dosen, np,prodi,spesialisasi dan alamat
d. Setelah
itu jika ingin membukanya maka klik
double masukan spesialisasi nya.
e. Maka
hasil tampilanya seperti berikut:
SELESAI.....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar